Penjelasan Asuransi Mobil dan Motor

Begini Penjelasan Asuransi Mobil dan Motor yang Tepat!

Memilih asuransi kendaraan bermotor saat ini memang sudah menjadi kewajiban. Sebab tingginya angka kecelakaan membuat kita harus lebih extra hati hati akan kebutuhan ini. Disini saya akan memberi Penjelasan Asuransi Mobil dan Motor yang tepat untuk anda.

Kita butuh perlindungan dari setiap kemungkinan buruk yang terjadi pada kendaraan kita. Jadi apa rahasianya memilih asuransi mobil dan motor yang tepat dan terjangkau?

Ini penjelasan asuransi mobil dan motor yang tepat

  • Cari perusahaan asuransi terbaik

Dapatkan informasi penawaran asuransi mobil dari berbagai perusahaan asuransi sebelum anda membelinya. Perusahaan asuransi berbeda-beda, jadi anda mungkin mendapatkan kesepakatan yang lebih baik di tempat lain.

Terutama tentang proses klaim asuransi yang anda inginkan. Tanyakan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses klaim ini. Apakah ada kemudahan yang diberikan seperti menggunakan aplikasi dan mobil pengganti selama klaim berlangsung.

  • Jangan ragu beralih perusahaan asuransi

Anda dapat beralih perusahaan asuransi kapan pun anda mau, bahkan ketika masa polis asuransi mobil sedang berjalan. Jika anda menemukan tarif yang lebih murah dan lebih baik langsung beralih segera.

  • Apa saja yg ditanggung asuransi mobil?

Ada 2 pilihan jenis perlindungan asuransi kendaraan yang perlu diketahui. Yaitu Perlindungan Allrisk dan TLO (Total Loss Onl).

Jenis perlindungan asuransi mobil all risk adalah memberikan perlindungan atas kehilangan atau perbaikan mobil keseluruhan. Asuransi all risk meliputi apa saja, contohnya karena tabrakan, tergelincir, kehilangan, kebakaran, ataupun kecelakaan lalu lintas lainnya.

Tipe asuransi ini cocok bagi kendaraan menengah keatas walaupun premi ansuransinya tentu lebih tinggi juga.

Untuk jenis perlindungan asuransi TLO (total loss only) ialah memberikan perlindungan atas kehilangan atau kerusakan total saja (tidak keseluruhan). Jadi tidak kepada kerusakan kecil ataupun perbaikan ringan.

Tipe ini juga membatasi usia kendaraan yang ingin diansuransikan.

  • Jenis dan model mobil

Semakin tinggi nilai kendaraan, semakin tinggi pula preminya. Kendaraan berperforma tinggi juga lebih mahal untuk diasuransikan daripada golongan mobil yang standard.

Untuk golongan mobil ini tidak bisa ditawar lagi. Semakin tinggi performnya maka semakin tinggi juga perlindungan yang akan diterima. Berbeda dengan mobil golongan rendah seperti truk, pickup, ataupun sedan tua.

  • Persediaan bengkel dan sparepart mobil

Selain ketersediaan sparepart kendaraan original pastikan juga lokasi bengkel yang ditunjuk oleh perusahaan ansuransi tsb. Apakah bengkel itu mempunyai jaringan yang luas, dan juga kualitas montir seta suku cadangnya yang ori.

Hali ini bertujuan agar anda tidak kecewa nantinya sebagai pencegahan ketika terjadi sesuatu pada mobil anda. Cek legalitas bengkel tersebut apakah bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga  Pengertian Asuransi Perjalanan yang harus anda ketahui
  • Lengkapi safety tool mobil anda

Para pemilik mobil kebanyakan tidak mengganggap serius akan hal ini. Padahal perusahaan asuransi ingin menjamin keselamatan pengendaranya secara maximal.

Dengan adanya sarana perlengkapan mobil ini, Anda bisa mengajukan perihal ini karena dapat membantu menurunkan premi ansuransi anda.

  • Apa gunanya asuransi mobil?

 

Untuk pembeli mobil pertama kali, prosesnya bisa menjadi keputusan yang sulit. Banyak pembeli tidak menyadari fakta bahwa mereka perlu memiliki asuransi sebelum membawa mobil baru mereka.

Lembaga keuangan yang membiayai pembelian akan terlibat dalam hal ini. Banyak bank atau lembaga keuangan yang berafiliasi dengan perusahaan asuransi. Oleh karena itu, pembeli baru mungkin merasa tertekan untuk mendapatkan pertanggungan asuransi melalui penyedia pilihan bank.

Memilih produk asuransi yang tepat adalah mutlak. Harus dilakukan dengan bijaksana dan aman. Banyak pembeli baru pertama kali masih bingung dengan pengertian asuransi kendaraan bermotor ini

Mereka cenderung menerima beban asuransi ini secara langsung, dan tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Setiap orang yang akan membeli kendaraan baru sebaiknya mempertimbangkan manfaat penghematan waktu dan biaya dari asuransi langsung.

Konsep ini juga hampir sama dengan asuransi sepeda motor anda. Tanyakan langsung kepada dealer atau showroom tempat membeli sepeda motor anda. Ketersediaan bengkel dan manfaat apa saja yang anda terima dari asuransi motor tsb.

Hal ini dilakukan supaya kamu dapat menghemat biaya asuransi. Maka bijaksanalah dalam memilih kebutuhan dan jenis perlindungan yang tepat buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index